Al Qur’an Jadul

Apakah anda seorang muslim yang lancar membaca Al Qur’an ? Kalau jawabannya IYA, syukurlah. Semoga segala kebaikan menyertai anda. Kalau jawabannya NGGA, syukurlah. Berarti gue ada temannya.

quran-1.jpgquran-2.jpgquran-3.jpg

Sebagai orang yang tidak pernah dibesarkan dengan berbagai pengajian di mesjid apalagi di pesantren, praktis gue hanya mengandalkan pendidikan formal untuk mendapatkan pengetahuan membaca Al Qur’an disamping mencoba untuk mempelajarinya dari buku-buku. Dengan kemampuan membaca Al Qur’an yang cukup terbata-bata itu gue cukup terbantu dengan kehadiran sebuah kitab Al Qur’an jadul milik almarhum bokap.

Apa yang menarik dari kitab Al Qur’an jadul ini tidak lain adalah karena ia dilengkapi dengan tulisan huruf latin. Dalam setiap halaman ada pemisah yang menjadikannya dua bagian. Di sebelah kiri adalah Al Qur’an berhuruf Arab sementara di bagian kanan adalah Al Qur’an berhuruf latin.

quran-10.jpgquran-13.jpgquran-11.jpg

Kegunaan huruf latin di bagian kanan adalah apabila anda sedang membaca huruf Arab di sebelah kiri lalu ada bagian yang anda ragu bagaimana cara membacanya, anda bisa langsung menoleh ke sebelah kanan untuk mencari bacaan dengan huruf latinnya. Rasanya mungkin agak unik, karena di bagian kiri anda membaca huruf Arab dari kanan ke kiri sementara di bagian kanan pada huruf latin anda membacanya dari kiri ke kanan.

quran-12.jpgquran-16.jpgquran-17.jpg

Arah penempatan surat dari Al Qur’an ini juga agak sedikit berbeda. Kalau biasanya dari kanan ke kiri, alias surat Al Fatihah selalu mengawali bagian kanan kitab memanjang sampai An Naas di awal bagian kiri. Kalau pada kitab ini surat Al Fatihah diletakkan di awal bagian kiri memanjang sampai An Naas di awal bagian kanan. Artinya logika membuka halaman mengikuti huruf latin.  

quran-8.jpgquran-9.jpgquran-19.jpg

Al Qur’an yang mendapatkan izin terbit dari Lembaga Lektur Keagamaan Departemen Agama pada tanggal 19 Oktober 1972 ini lumayan cocok digunakan untuk orang yang memang sedang dalam proses belajar membaca Al Qur’an.

Karena faktor umur, keadaan Al Qur’an jadul warisan almarhum bokap ini memang sudah tidak lagi sempurna. Disamping ada sejumlah halaman yang sudah lepas dari untaian jilidnya, warna kertasnya pun sudah bersemu cokelat. Sebetulnya ada keinginan untuk mencari jenis Al Qur’an seperti ini dalam versi jaman sekarang tetapi masih belum kesampaian. Terutamanya karena gue masih belum berhasil menemukannya.

quran-14.jpgquran-15.jpg

Biasanya dalam prosesi membaca Al Qur’an, karena kitab ini tidak memiliki bagian arti dalam bahasa Indonesia, gue melengkapinya dengan sebuah kitab Al Qur’an lain yang relatif standar, memiliki tulisan huruf Arab dan arti dalam bahasa Indonesia. Kitab ini juga jadul alias warisan almarhum bokap gue.

quran-4.jpgquran-7.jpgquran-6.jpg

Kitab Al Qur’an pelengkap ini diterbitkan pada tahun 1967. Hanya dua tahun setelah pemberontakkan G30S PKI. Perbedaan lima tahun dengan kitab yang dibahas sebelumnya cukup terasa di perbedaan ejaan yang digunakan. Huruf J masih dituliskan sebagai DJ, C sebagai TJ, dan huruf Y masih tertulis sebagai J. Terkadang agak lucu membaca tulisan di halaman pertamanya, “TERDJAMAHANNJA DISUSUN BARU, SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA”. Mungkin terhitung ejaan baru pada saat itu karena telah meninggalkan penulisan jadul yang lain seperti OE untuk U.

quran-5.jpgquran-18.jpg

Dua kitab Al Qur’an ini sudah cukup lama menjadi bagian dari hidup gue. Atau lebih tepatnya lemari gue :) . Entah kapan gue akan memutuskan untuk mengganti keduanya dengan versi yang lebih baru.

Incoming search terms for the article:


27 Comments Add Yours ↓

  1. 1

    malah ng’bingungin kalo baca Qur’an via huruf latin.. tajwid-nya itu loh, gis.. mending membiasakan diri membaca huruf arab; sedangkan untuk proses belajar, pegangannya buku ‘Iqro’ deh :)
    btw, tentang asupan gizi kemarin, kan beda di peruntukannya hahahaha..

    hihi kalo uda ngomongin tajwid berarti levelnya uda tinggi yah. Level gue msh suka ketuker2x hurupnya :) Masalah asupan gizi, iya deh ngerti gue :)

  2. 2

    Baca post ini aku jadi ingat bahwa aku jarang ngaji 2 tahun terakhir ini..

    lumayan, posting gue bisa ngingetin org buat ngaji hehe

  3. 3

    itu udah lama tapi masih bagus ya..
    berarti sering dirawat y mas..

    hehe ga pernah dirawat tuh sebetulnya. Cuman gue taro di lemari koq.

  4. 4

    Wah mantep tenan.. aku dewe GROTAL GRATUL

    hehe ga jauh bedalah ama gue :)

  5. 5

    ahh mas tigis, jangan terlalu merendah begitu dong.. kemaren bukannya ikutan MTQ?? huehehehehe..

    MTQ = Makan Tidur Quat :)

  6. 6

    hm… Quran di kamar warna hijau dikasih salah seorang yang sekarang entah kemana dan mulai jarang terbaca :(

    hmmm…. seminggu sekali dapat jatah, giliran yang lain tiap hari! omiGOD….

    yuk mulai skrg rajin2x baca lagi :D

  7. 7

    Agaknya cerita Alquran warisan sangat bagus untuk di rangkai ya mas. Saya yakin dalam sejarah kehidupan seseorang, banyak cerita unik terkait dengan Alquran yang diwariskan dari kakek nenek kita.

    hehe iya setuju deh pren

  8. 8

    Wah
    Jadi inget da jarang ngaji :(

    kalo gitu yuk kita ngaji lagi :)

  9. 9

    jadi inget target khatam molor terus :( ..

    wah ada yg punya target khatam segala ya. Gue jauh banget nih hehe.

  10. 10

    ini aneh…… kok bisa gw punya kisah mirip2 ya?! Gw juga punya JiMat (siJi diruMat) berupa Al Quran jadul milik almarhum bokap sejak SD. Al Quran ini slalu ngikutin kemana gue, bahkan sampe sekarang

    Alesan utamanya krn Al Quran ini terlanjur banyak berisi catetan2 pribadi maupun pengajian2 dr masa ke masa. Kayaknya paling banyak dr alm. Prof Ahmad Baiquni (d/h dosen UGM) dan Pak Jallaudin Rahmat, ada juga bbrp catetan dr Bang Imaduddin dan Pak Miftah Farid (keduanya pernah jd dosen ITB)

    wah berarti lo uda sering ngaji dari dulu ya. Hebat euy. Ngikutin pemikiran2x para cendekiawan lagi. Salut :)

  11. 11

    habis ada miyabi skg ada alquran :D sepertinya proses menetralkan dari status blog lendir :D

    hehe bisa aja lo. Gue sampe skrg tetep impulsif pren. Ide apapun yg nongol langsung aja gue tulis. Mskpun berseberangan dgn nuansa ide sebelumnya hehe

  12. 12

    ALhamdulillah .. semoga bisa istiqomah membaacnya mas .. :)

    amin :)

  13. 13

    Ass.

    nyang penting bisa mbaca, pahami dan amalkan…iyakan ??
    biarpun terbata2 mbacanya kata Kanjeng Nabi itu udah dapet 2 pahala lho…tapi tentunya sembari belajar melancarkannya.

    salam kenal mas udah komen diblogku
    sy link ya ….

    smoga begitu deh pren :) Ok, thx uda visit ya

  14. 14

    Puji Syukur Kepada Sang Penguasa Semesta, akhirnya kamu dicerahkan juga

    hahaha kacau lu :)

  15. C.Ronaldo #
    15

    Busyet, jgn merendah gitu men. Kemaren2 lu ngakunya jebolan pesantren nomer wahid di bandung kan?. Ntar shalat isya di tempat kerja, lu jadi imam yak. Kalo kagak mau, gua dorong lu dari belakang….^_^

    Pesantren The Police dgn uztad A’a Sting mksud lo hehehe. Kita bikin deal aja pren, gue qamat, lo imam :)

  16. 16

    Wah,,saya juga punya Al-Qur’an dari Ibu saya …sampai sekarang masih di lemari…Saya sendiri lebih suka baca al-Qur’an yang lebih kecil

    Hm..mas…mari..sama-sama belajar menjadi umatnya yang lebih baik :)

    wah ajakan yang simpatik nih. Hayukkkk :)

  17. 17

    In terms of bonalnoy erudition – grammotno done!

    I’m surprised that someone from Russia really visit my blog :mrgreen: Thx for coming bro Stojan. Don’t hesitate to visit here again :)

  18. onlinequran #
    18

    terjemah quran online baru buatan indonesia. pencarian cepat. http://www.terjemahquran.co.cc

    ok bro, thx buat linknya. Buat yg lagi butuh terjemahan al Qur’an online bisa mampir ke sini ya :)

  19. onlinequran #
    19

    eh yang tadi linknya salah. ini yg bener . http://www.terjemahquran.co.cc

    hehe ok bro, thx :)

  20. 20

    Kira2 sekarang masih ada tidak ya Al Quran yang ada latinnya.

    halo Dinda, pakabar :) Wah kalo skrg ga tau juga nih. Uda lama ngga ngeliat yg kyk gitu soalnya di toko :)

  21. ]DUTA #
    21

    BERSYUKURLAH ANDA MENDAPAT HIDAYAH UNTK MENGENAL DAN MEMPELAJARI AL QURAN…………… DI USIAKU YANG 50 Thn BELUM BISA FASIH DAN RUTIN BACA AL QURAN SUNGGUH SANGAT MENAKUTKAN BILA AJAL MENJEMPUT ROH KU…. JANGANLAH KAU ANGGAP REMEH DAN ENTENG DENGAN TIDAK MAU BELAJAR AL QURAN…
    FAKTA BILA AKU MENDENGAR CERAMAH TTG AGAMA ISLAM BULU KUDUK MERINDING KARENA AKU MASA BODOH DENGAN AGAMA… UNTUK ITU TOLONG DOAKAN AKU AGAR JADI HAMBA ALLAH SWT YANG BAIK DAN TAWAKAL. AMIN YA ROBBAL ALAMIN

    amien bro Duta, smoga kita semua berada dalam lindungan-Nya dunia dan akhirat

  22. HAMBA #
    22

    BILA ALQURAN DAN ADA TULISAN LATINNYA DICETAK UNTUK DIPERBANYAK AKAN MENJADI BEST SELLER DI SETIAP TOKO BUKU SEANTERO NUSANTARA. PASTI SAYA YANG PERTAMA YANG AKAN MEMBELI. KAPAN YA? MUDAH2AN JADI KENYATAAN. AMIIIIIIIIIIN……………….

    bener bro, gue setuju ama komen elo. Sayang koq belum ada yg mencoba menangkap aspirasi umat Islam yg pengen bisa belajar Al Qur’an dgn huruf latin yah. Yo’i bro, smoga ada yg baca nih para penerbit buku :) Amien bro

  23. Redy #
    23

    Ass, Wb, Wbr…..
    Saya ini umur sudah 47 tahun, pagi ini tadi sepulang shalat subuh bertanya pada teman2 tentang : Mungkinkah seseorang yg tidak bisa membaca tulisan arab ingin menghatamkan Al Qur’an (membaca huruf latinnya saja)?
    Jawaban dari rekan2 masih simpang siur……(jujur saja mau nanya ke Pak Ustad maluuu…………….)

    Dan apakah mungkin ngrepoti minta bantuan mengcopy Al’Quran Bapak, Biayanya total berapa? Biaya akan saya kirim duluan. Terimakasih Wss, Wr, Wbr.

    Walaikum salam. Wah mohon maaf pak, keliatannya al qur’an ini ga akan begitu jelas kalo di foto kopi. Apalagi ada sejumlah halaman yg sudah sobek. Maklum al qur’an jadul. Apa bapak sudah mencoba tanya2x ke toko2x buku Islam? siapa tau yg keluaran jauh lebih baru sudah tersedia.

  24. 24

    Ada ga Al-Quran double tulisan, antara arab dan latin (selain terjemahan) terima kasih.

  25. cipto #
    25

    surat 54/17.22.32.40= sesuguhnya telah mudah kan al-qur’an itu untuk pelajaran
    maka ada kah orang yang mau mengambil pelajaran

  26. 26

    alqur’an wajib di plajari di baca dan di amalkan…ada baik nya jika memang blum kenal huruf hija’iya..namun…kitajg hrs mencari guru pembimbing utk membedakan bunyi dan bacaan yg ada di qur’an yg disertai latinnya…..beda barisnya…beda lagi ..arti/maknanya…alqur’an akan mnjadi tman kita kelak kita berpulang….

  27. ronny muntu #
    27

    assalamu alaikum wr.wb

    saya ingin sekali memiliki Al Qur’an yang lengkap dengan bahasa lathinnya. mohon bantuan para kaum muslimin terima kasih. wassalam



Your Comment