24

24


Nasi Goreng Pattaya dan Ikan Asin

/2008/07/24/blog_traffic_dalam_fungsi_hari/blog_1crop.jpg 

Baru kali ini gue menikmati sajian nasi goreng pattaya. Itupun karena si empunya rumah makan memberikan nama “Nasi Goreng Selimut Hati” di daftar menunya. Karena penasaran dan bertanya, akhirnya mbak-mbak penunggu rumah makan menjelaskan bahwa sebetulnya itu adalah nasi goreng pattaya. Kebetulan gue juga belum tahu apa itu nasi goreng pattaya. Ya sudah akhirnya gue pesan.

Seperti tampak pada gambar, nasi goreng pattaya adalah nasi goreng biasa. Bumbunya bisa dibilang sama dengan nasi goreng pada umumnya. Bisa ditambahkan dengan potongan sosis, ayam, atau bakso. Yang membedakannya hanya satu, nasi goreng ini dibungkus atau lebih tepatnya diselimuti dengan telor dadar.

/2008/07/24/blog_traffic_dalam_fungsi_hari/blog_1crop.jpg

Bentuknya memang unik. Khusus buat penggemar telor dadar sajian ini sungguh sangat menarik. Selimut telor dadar dibuat sangat lebar hingga mampu membungkus sebagian besar permukaan nasi goreng.

/2008/07/24/blog_traffic_dalam_fungsi_hari/blog_1crop.jpg

Kata orang istilah pattaya memang diambil dari sebuah tempat di Thailand. Tetapi uniknya nasi goreng pattaya lebih dikenal sebagai jenis masakan dari melayu. Satu porsi nasi goreng pattaya atau “Nasi Goreng Selimut Hati” yang gue pesan ini berharga Rp 10 ribu.

/2008/07/24/blog_traffic_dalam_fungsi_hari/blog_1crop.jpg

Di kesempatan lain masih di rumah makan yang sama gue memesan nasi goreng ikan asin seperti gambar di atas. Sama seperti sebelumnya, gue tertarik karena di situ tertera menu “Nasi Goreng Pengin Kawin”. Gue sudah pernah menikmati sajian nasi goreng ikan asin sebelumnya, tetapi karena penasaran tetap gue pesan.  

/2008/07/24/blog_traffic_dalam_fungsi_hari/blog_1crop.jpg

Sesuai dengan embel-embel nama ikan asin, nasi goreng ini mengandalkan sensasi rasa asin dari potongan-potongan kecil ikan yang dicampur di dalam nasi saat digoreng. Campuran yang lain bisa bermacam-macam, bakso dan sosis pun bisa. Untuk membuatnya lebih sedap bisa ditambahkan irisan-irisan pipih cabai hijau yang tidak terlalu pedas.

Nasi goreng ikan asin ini dihargai Rp 8 ribu untuk satu porsi. Yang membuatnya lebih murah dari nasi goreng pattaya tentu saja kebutuhan telornya.

/2008/07/24/blog_traffic_dalam_fungsi_hari/blog_1crop.jpg

Nasi goreng pattaya dan “Nasi Goreng Selimut Hati” rasanya masih memiliki hubungan dari segi rupa penyajian. Tetapi nasi goreng ikan asin dengan “Nasi Goreng Pengin Kawin” agaknya masih sulit dicari hubungannya. Terlebih setelah menikmati “Nasi Goreng Pengin Kawin” gue tidak lantas merasakan gairah yang membara terhadap lawan jenis. Mungkin harus diusulkan penambahan bumbu dari ginseng atau akar-akaran lain untuk memberikan sensasi itu :)

/2008/07/24/blog_traffic_dalam_fungsi_hari/blog_1crop.jpg

Apabila anda tinggal di Batam dan ingin merasakan “Nasi Goreng Selimut Hati” atau “Nasi Goreng Pengin Kawin”, bisa mendatangi sebuah ruko yang bernama RM Kampoeng Jawa yang terletak di kompleks Panbil Mall. Tempatnya tidak jauh dari rumah makan padang Ampera Barangin. Di rumah makan ini anda juga bisa menemukan sajian mendoan.

Atau anda ingin mencoba memasaknya sendiri?   

Incoming search terms for the article:


26 Comments Add Yours ↓

  1. 1

    ehm..hem…. memberi gw ide bt nyari makan bt nanti malem nih… mudah2 temen gw bisa mbuatin yg model gini…hiks…hiks…

    wah senangnya punya temen yg bisa masakin. Ngiri mode ON :)

  2. 2

    aduh gw lagi pilek….banter bukan unting makanan tapi hunting wedang…atau sekoteng atau bajigur atau teh poci….aduh butuh yg panas panas nih ada saran :)

    kalo lagi pilek mendingan pesen jeruk anget ajah hehehe

  3. 3

    wah nasi goreng ikan asinnya kelihatan manstab banget tuh…yummi :)

    hayuk dicobain “pengin kawin” nya :)

  4. 4

    weh… tinggal minta fee-nya buat promosi ke restoran2 ybs bro :mrgreen:

    hehe ngga lah bro. Ini kan saling menguntungkan :)

  5. 5

    Baru tau makanan ini. Jadi lapar nih..

    hehehe di amrik mestinya ada kan pren.

  6. 6

    wew nasi goreng pakai ikan asin :-?
    enaknya sih ikan asin dengan lalapan + nasi putih hangat…
    nyam nyam nyam… jadi ngiler euy …..

    wah itu juga enak coy. Plus sambalnya kudu pas biar tambah sedaaappppp

  7. 7

    Nasi Goreng Penging Kawin…he..he…Put tahu kenapa dinamakan seperti itu mas….Bukan karena khasiatnya..tapi karena ada sebuah istilah..ato apa itu namanya…
    Di kampung2(gak tahu apa hanya di kampung melayu ato di daerah lain juga begitu..) jika ada masakan yang terlalu asin maka si gadis pembuat masakan (biasanya yang masak khan perempuan) diindikasikan bahwa ia ingin menikah….he..he..

    Jadi, ya..bisa dikaitkan, kan ? he..he..

    wah gue baru tau dari putri nih mslh gituan. Gue x-check ke temen di kantor ktnya emang iya tuh. Bener buat putri. Tp kenapa ya ce pengin kawin masakannya jadi asin. Krn keringetnya tumpah semuakah :)

  8. 8

    wuaaahhhhhhhhhh maknyusssss :-D
    saya paling suka nasi goreng, apalagi yang warnanya coklat. kalo yang warna rada merah ga suka.
    tapi yang di foto diatas pasti suka hehe :-D

    nasgor warna merah itu nasgornya drakula yah. Dikasi mayonaise darah :)

  9. Hedi #
    9

    jadi kepingin…. :P ~

    hayukk belanja :)

  10. 10

    o.. o.. padahal panbil itu wilayah yang paling jarang terjangkau oleh gue (bahkan setahun palingan sekali) gara-gara postingan ini, bisa-bisa gue jadi sering ngiderin ruko panbil situ buat nyobain.. du.. du.. du..

    wah harus sering2x lho ke panbil. Deket pemukiman buruh jadi mestinya harganya ga semahal di nagoya hehe

  11. 11

    nasgor apapun umumnya gw suka heuheuheu

    eh eh eh

    im awarding u sumthing :D

    sama kalo gitu. Tp kalo nasgornya dikasi jeroan atau sayuran gue malah ga suka tuh :) Hehe, thx ya atas awardnya :)

  12. 12

    mupeng ama nasi goreng ikan asin
    pengen2 pengen2.

    di jakarta enak di mana ya?

    hehe kalo di jkt ga ketemu maen aja ke batam nih :)

  13. 13

    kirain gw lo lagi liburan ke pantai pattaya thailand..

    hanya bisa ngimpi kalo itu mah. Tp kalo kamu mau ngajakin ke sana kita ga akan nolak koq :)

  14. 14

    Sebelum masuk blog ini sebenarnya perut udah keroncongan, setelah lihat dan baca tulisan ini perutku jadi ada konsernya. Ga jelas, kadang dangdut, kadang ngerock, nah sekarang kerusuhan stadion sepak bola. Cari pelampiasan dulu dah..

    perut lo multi event berarti ya hehe. Pelampiasannya makan ya, jangan kawin :)

  15. 15

    nasi goreng pengen kawin.. apakah penjualnya juga menyediakan pasangan bila setelah makan nasgor itu kashiatnya langsung ngefek :mrgreen:

    Ditempat saya malah ada : Kawin pengen nasi goreng.. kakaka

    wah ide bagus tuh pren. Lo lah yg bikin restorannya ya. Gue bakal rajin2x deh makan di tempat lo hehehe. Mksudnya abis kawin langsung ngidam nasi goreng? :)

  16. 16

    ngilerrrrrrrrrrrrr :P

    ayo dilap ilernya :)

  17. 17

    pngn nyoba :)

    hayuukkk :)

  18. 18

    Gw pernah makan nasgor setipe dgn yg loe tulis diatas, cuma bedanya yg nasgor pattaya telor dadarnya ga ngebungkus gitu tapi bentuknya kaya mangkok buat nasinya….nasgor pingin kawin krn rasanya yg asin kaleee…kan kalo kita masak keasinan orang suka bilang “pingin kawinnnn yah…” :-D

    hmmm, jadi kebayang. Kyknya asik jg tuh kalo dibikin kyk mangkok. Mgkin krn ini disajikan di piring kali yah jadinya dibungkus. Hehe iya katanya begitu. Gue jg baru tau tuh :)

  19. C.Ronaldo #
    19

    Dikit2 penasaran. Emang lu mah dr sono nye jagony makan men…^_^
    gua kasi semur jengkol bumbu bercinta penasaran ga lu?

    hush, makanan hobi lo jgn disebut2x donk di sini. Ngga malu lu kakakakak :P

  20. 20

    adooooh adoh adoh, tak terasa saliva ku tumpah, hihihi :)

    dilap dulu sana :)

  21. ceweq #
    21

    mewakili seluruh staff dan karyawan warung jawa kami mengucapkan banyak terimakasih,,,sudah mau berkunjung ke warung kami dan di tunggu kunjungan2 selanjutnya,,,jangan bosan2 untuk datang ya mas,,,dan terimakasih juga dah di jadikan bahan untuk blognya,,,wish u succees deach,,,

    wah ga nyangka empunya rumah makan sempet jg visit ke blog ini. Makasi juga mbak uda mau visit. Dan yg paling penting makasi uda bikin masakan yg pantas dimasukin di sini. Sering2x masak enak ya mbak :)

  22. 22

    menurut gw yg unik tuh omelet jepang … nasinya bener-bener di bungkus telor :D

    wah boleh tuh dikirim ke sini :)

  23. 23

    Kenapa asin? Hm..kalo dicoba telusuri…sepertinya, sih..Karena kurang kosentrasi (karena yang dipikirin mo nikah melulu kali, ya..) jadi waktu nuangin garam..garamnya kebanyakan…Trus masalahnya Garam yang tertumpah tak bisa dipungut lagi…he..he…Jadi deh masakannya asiiiiiiin

    wah, kirain cuman co doank yg ga bisa konsentrasi kalo uda kebelet kawin … hehehe….

  24. mychan #
    24

    Sukses yua prend..usaha RMna..
    Wah skrg udh jd enterpreneur..
    Kpn2 kl ktmu ajari gw msak yua..hehehe..
    Gw jd trinspirasi sm lo..mski qt blm ktm..gw jd pngen jg neh pny usaha kyk lo..
    Gw doain..semoga tmbah sukses..Amien..
    Tp jo lupa,kl ktmu tr traktir gw yua..;-)

    waduh salah nih. Gue kagak usaha RM apa2x bro. Itu mah tempat makan yg prnah gue datengin tp bukan punya gua :)

  25. tiurma #
    25

    Thanks banget infonya ttg keberadaan nasgor selimut hati/nasgor pattaya, kebetulan banget temen sekantor ada yg hamil ‘n ngidam nasgor pattaya, ‘n kami tinggal di batam, langsung deh meluncur ke Panbil Mall…hmmm gak sabar neh mau nyantap nasgor selimut hati…..

  26. petumah #
    26

    terimakasih



Your Comment